Tirta Yatra KMHD IPB 2019 : Yatra Mudita Manunggal Dharma

Tirta Yatra 2019 (Thumbnail)Tirta Yatra KMHD IPB adalah program kerja terakhir yang dipegang langsung oleh kepengurusan KMHD IPB 2018/2019. Program kerja ini berupa perjalanan rohani atau Tirta Yatra yang mengunjungi berbagai pura yang berada di luar wilayah Bogor Raya. Tirta Yatra KMHD IPB rutin dilakukan tiap tahun di akhir kepengurusan tiap periodenya. Tirta Yatra KMHD IPB 2017 dilaksanakan di Bandung dan Tirta Yatra KMHD IPB 2018 dilaksanakan di Semarang. Pada tahun ini, Tirta Yatra KMHD IPB 2019 dilaksanakan di dua kota, yaitu Solo dan Yogyakarta. Kegiatan ini dilaksanakan dalam 3 hari, terhitung sejak 25 – 27 Oktober 2019.

Kegiatan ini dimulai dengan persiapan keberangkatan seluruh peserta dan panitia pada malam hari tanggal 25 Oktober 2019. Rombongan menggunakan satu bis dengan jumlah rombongan sebanyak 54 orang yang terdiri dari KMHD IPB 53, 54, 55, dan 56. Perjalanan dari Bogor menuju Solo menghabiskan waktu kurang lebih 10 jam dalam kondisi normal, tetapi rombongan mengalami sedikit kendala sehingga baru tiba pukul 12.00 WIB di Universitas Sebelas Maret (UNS) dan langsung melakukan bersih diri untuk mempersiapkan persembahyangan pertama di Pura Bhuana Agung Saraswati yang terletak di dalam area kampus UNS. Kegiatan dilanjutkan dengan dharma wacana dan simakrama dengan teman – teman dari KMH UNS. Perjalanan dilanjutkan dari Solo menuju Yogyakarta.

Rombongan tiba di Yogyakarta, tepatnya di Pura Vaikuntha Vyomantara pada sekitar pukul 19.00 WIB. Rombongan lalu melakukan persembahyangan bersama dan dilanjutkan dengan simakrama dengan teman – teman dari KMH UGM, Sanata Dharma, UPNV, dan UNY. Keesokan harinya, rombongan menuju Candi Prambanan yang merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia. Kemudian, rombongan melakukan perjalanan kembali ke Bogor dari Yogyakarta.

Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatan hubungan spiritual KMHD IPB kepada Tuhan dan mampu mengeratkan tali persaudaraan dengan sesama umat Hindu, khususnya teman – teman KMH di Solo dan Yogyakarta.