Kajian Bersama KMHD IPB 2019 : Karyam Karma Asakto (Bagian 2)

Karma-1Rangkaian Keempat yang dilaksanakan adalah puncak kegiatan Karma KMHD IPB 2019, yaitu Seminar Nasional yang dilaksanakan pada 14 April 2019, di Auditorium Andi Hakim Nasution, Institut Pertanian Bogor. Seminar Karma 2019 mengambil tema Karyam Karma Asakto yang memiliki arti Melaksanakan Kewajiban Tanpa Keterikatan Duniawi. Seminar Nasional Kajian Bersama 2019 akan diisi oleh 3 pembicara dan satu pembicara utama (keynote speaker). Tiga pembicara tersebut merupakan pembicara yang berkompeten di bidangnya masing-masing dan memiliki keterkaitan dengan topik “Menumbuhkan Karakter Generasi Milenial Hindu yang Sadar akan Esensi Bekerja Tanpa Keterikatan” yang akan dibahas pada seminar tersebut. Pembicara pertama adalah L.G. Saraswati Putri yang merupakan penulis, penyanyi, penyair, dan sekaligus dosen Filsafat di Universitas Indonesia. Pembicara kedua adalah Dewa Made Susila yang merupakan Director – Chief Financial Officer di Adira Finance. Pembicara ketiga adalah Ayu Nikki Avalokitesvari yang merupakan peneliti di Vivekananda Spirit Indonesia dan juga Kepala Hubungan Masyarakat dan Luar Negeri Gerakan Bhagavad Gita Indonesia. Pembicara utama yang direncanakan hadir yaitu  Prof. Drs. I Ketut Widnya, M.A., M.Phil., Ph.D. selaku Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu Kementrian Agama RI berhalangan untuk hadir dan diwakilkan oleh Drs. I Wayan Budha selaku Direktur Pendidikan Bimbingan Masyarakat Hindu Kementrian Agama RI.

Seminar Nasional ini diawali dengan penampilan Tari Pendet sebagai tari penyambutan yang diiringi oleh gamelan Bali yang dimainkan oleh Civitas Akademika Hindu di IPB. Kegiatan dilanjutkan dengan Laporan Ketua Pelaksana Karma 2019, I Dewa Komang Akshaya Wijaya dan Sambutan dari Gede Riski Febrio Rian Sugi dan Ir. Ngakan Komang Kutha Ardana, M.Sc. selaku Ketua dan Pembina KMHD IPB. Sambutan dilanjutkan oleh Drs. I Wayan Budha selaku perwakilan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu Kementrian Agama RI dan sambutan terakhir disampaikan oleh Ketua LPPM, Dr. Ir. Aji Hermawan, M.M. ,selaku perwakilan rektor Institut Pertanian Bogor yang berhalangan hadir.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian kenang-kenangan dan piagam penghargaan kepada juri perlombaan Tari, Fotografi, dan Artikel. Pemberian piala dan piagam penghargaan kepada pemenang lomba Tari Bali, dan pemberian piagam penghargaan kepada pemenang lomba Fotografi dan Artikel. Daftar pemenang seluruh perlombaan Karma KMHD IPB 2019 dapat dilihat di sini. Kegiatan dilanjutkan dengan penampilan Tari Ciwa Nata Raja oleh mahasiswa IPB dan diiringi oleh gamelan Bali yang dimainkan oleh Civitas Akademika Hindu IPB. Setelah sesi Festival Kuliner Khas Bali, kegiatan dilanjutkan dengan pengenalan moderator dan juga pembicara. Kegiatan ditutup dengan sesi tanya jawab dan penyerahan kenang-kenangan kepada moderator dan pembicara.

Kajian Bersama atau Karma diharapkan mampu memberikan pengetahuan dan wawasan yang lebih luas terhadap Agama Hindu dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Acara ini sekaligus bertujuan untuk menjadi wadah berkumpulnya seluruh umat Hindu se-Dharma yang berada di wilayah Bogor, Jakarta, dan sekitarnya. Karma diharapkan mampu tetap hadir dan selalu berusaha meiningkatkan kualitas dan kuantitas dalam berbagai aspek.

Bersatu Dalam Dharma !? Oke Bro..