Kajian Bersama KMHD IPB 2019 : Karyam Karma Asakto (Bagian 1)

Karma-2Kajian Bersama atau disingkat Karma adalah program kerja terbesar yang dilaksanakan oleh KMHD IPB dibawah naungan Divisi Kerohanian. Karma memiliki tujuan untuk meningkatkan tali persaudaraan sesama Civitas Hindu di IPB, serta masyarakat Hindu di Bogor dan sekitarnya. Karma juga bertujuan untuk meningkatkan cinta kasih terhadap Agama Hindu serta budaya yang terlibat di dalamnya dan menambah wawasan dan pengetahuan tentang Agama Hindu dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Karma dalam perkembangannya selalu mengalami peningkatan baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Pada tahun ini, Karma KMHD IPB 2019 memiliki 4 rangkaian yang dilaksanakan sejak tanggal 30 Maret 2019 dan berakhir pada 14 April 2019.

Rangkaian pertama yang dilaksanakan adalah Donor Darah Karma KMHD IPB 2019, kegiatan ini bekerja sama dengan Banjar Suka Duka Hindu Bogor dan PMI Kota Bogor. Donor darah dilaksanakan pada tanggal 30 Maret 2019 di Pasraman Giri Kusuma Bogor, pukul 9 pagi hingga pukul 12 siang. Donor darah diikuti oleh kurang lebih 37 orang yang sebagian besar berasal dari Banjar Bogor dan KMHD IPB. Kegiatan ini sekaligus menjadi pembuka rangkaian Kajian Bersama KMHD IPB 2019.

Rangkaian kedua yang dilaksanakan adalah Technical Meeting Perlombaan Tari Karma KMHD IPB 2019. Pada tahun ini, Karma KMHD IPB menyelenggarakan 3 jenis perlombaan yang meliputi : Perlombaan Tari Bali, Perlombaan Fotografi, dan Perlombaan Artikel. Khusus untuk Perlombaan Tari Bali, dilaksanakan Technical Meeting yang bertujuan untuk membahas hal-hal yang belum jelas pada panduan lomba sekaligus penjelasan teknis pada hari perlombaan nanti. Technical Meeting dilaksanakan pada 31 Maret 2019 dan bertempat di RK Pinus 1, Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor.

Rangkaian ketiga yang dilaksanakan adalah Hari Perlombaan Tari Bali Karma KMHD IPB 2019. Kegiatan ini dilaksanakan pada 7 April 2019 bertempat di Auditorium Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Pertanian Bogor. Perlombaan ini memperebutkan 4 pemenang dari 3 kategori lomba. Kategori lomba yang pertama adalah Tari Tunggal, memperlombakan Tari Pendet Kategori A & B. Kategori selanjutnya adalah Tari Berkelompok, memperlombakan Tari Sekar Jagat, dan kategori terakhir, yaitu Tari Berpasangan, memperlombakan Tari Cendrawasih.

Perlombaan Tari Bali Karma KMHD IPB 2019 diikuti oleh 56 peserta yang berasal dari 6 sanggar tari, yaitu :  Sanggar Asmarandana (Bandung), Sanggar Widya Mandala Lenteng Agung (Jakarta), Sanggar Widya Budaya (Bekasi), Sanggar Mustika Dharma (Cijantung), Sanggar Kencana Mas (Jakarta), dan Sanggar Dewata (Bogor). Peserta lain berasal dari SD Regina Pacis (Bogor), SMP Regina Pacis (Bogor), Pasraman Giri Kusuma (Bogor), Pasraman Satya Dharma Seputih Raman (Lampung), KMHB Universitas Negeri Jakarta, dan dua peserta perseorangan yang berasal dari Cinere dan Bekasi.

Seluruh peserta yang berjumlah 56 peserta terbagi ke dalam masing-masing kategori perlombaan tari, yaitu 21 peserta untuk Tari Pendet, 21 peserta atau 5 kelompok untuk Tari Sekar Jagat, dan 7 pasang untuk Tari Cendrawasih. Perlombaan Tari Bali Karma tahun ini mendatangkan 3 juri tari, yaitu I Nengah Maja, I Gede Panca Ardyasa, dan I Wayan Sardjana. Perlombaan dimulai pukul 11 siang hingga pukul 3 sore dan ditutup dengan pengumuman pemenang masing-masing kategori kategori perlombaan. Pemenang Perlombaan Tari Bali Karma KMHD IPB 2019 sekaligus Pemenang Lomba Fotografi dan Artikel Karma KMHD IPB 2019 dapat dilihat di sini.

Artikel Bersambung di Bagian 2…